Laman

Thursday, December 7, 2017

Carilah Bentuk Konflik Akibat Keberagaman Sosial,dan Analisis Konflik Tersebut Menjadi Sebuah Artikel


Menurut Sutopo, satu korban tewas dalam bentrokan itu adalah David Manipo (24). Sedangkan 17 warga luka berat, 15 orang luka ringan, dengan kerugian materi adalah 95 unit rumah terbakar.

"Selain itu juga kerusakan pertanian, penjarahan ternak, dan kehilangan harta benda, yang mana kerugian keseluruhan masih dalam perhitungan BPBD," ujar Sutopo.

Menurut Sutopo, BPBD Tolikara, SKPD, TNI, dan Polri telah berada di lokasi konflik dan melakukan perdamaian antara kedua belah pihak.

"Namun potensi konflik masih tinggi karena diduga ada dendam di kedua belah pihak. Namun BPBD dan pemerintah daerah telah melakukan penanganan darurat. Sayangnya, APBD Tolikara yang terbatas membuat bantuan tersendat," ucap Sutopo, seperti dilansir dari Antara.

Sutopo menambahkan, masyarakat setempat banyak mengungsi ke distrik lain. Namun, BPBD Tolikara berusaha memenuhi kebutuhan dasar bagi pengungsi, meskipun kendala di lapangan adalah medan yang sangat berat.

"Kendaraan roda empat tidak dapat menjangkau daerah konflik karena medan sangat berat. BPBD Tolikara telah meminta agar bantuan diberikan melalui udara dengan menggunakan pesawat terbang atau helikopter," imbuh Sutopo.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- iklan masyarakat --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2727510542319988" data-ad-slot="5369144759" data-ad-format="auto"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>
Facebook Twitter Google+

Back To Top