Laman

Tuesday, December 11, 2018

Interaksi Sosial Yang Mengarah Kepada Persatuan

Jawaban:

1.Kerjabakti

2.Mengejek satu sama lain

Pertanyaan: Carilah contoh interaksi sosial yang mengarah kepada persatuan dan perpecahan.


Interaksi sosial yang mengarah kepada persatuan:


Interaksi sosial yang mengarah kepada perpecahan:

Jawaban:

-Interaksi sosial yang mengarah kepada persatuan:kerja sama dan gotong royong merupakan salah satu bentuk umum untuk mencapai persatuan

-Interaksi sosial yang mengarah kepada perpecahan:tawuran antara 2 kelompok remaja karena merugikan banyak orang/pihak

Penjelasan:

semoga membantu

Interaksi sosial tidak selamanya mengarah pada kebersamaan dan persatuan ada sebagian interaksi sosial malah mengarah pada perpecahan berikan beberapa contoh interaksi sosial yang mengarah pada perpecahan

Jawaban:contoh interaksi sosial yang mengarah kepada perpecahan yaitu :


1. Persaingan atau kompetisi


2. Kontravensi


3. Pertentangan atau konflik


Pembahasan

Interaksi sosial adalah hubungan sosial yang terjadi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok.


Interaksi sosial menjadi hal yang lumrah di masyarakat karena jika tidak terjadi interaksi sosial maka tatanan kehidupan masyarakat terganggu yang mengakibatkan timbulnya masalah - masalah sosial dan gangguan di dalam kehidupan masyarakat.


Interaksi sosial terjadi karena adanya proses sosial yang terjadi satu sama lain yang mengakibatkan timbulnya bentuk - bentuk interaksi sosial.


Interaksi sosial dibedakan menjadi dua bentuk yaitu asosiatif dan disosiatif.


Asosiatif adalah hubungan sosial positif yang melahirkan persatuan, sedangkan disosiatif adalah hubungan sosial negatif yang melahirkan perpecahan.


Hubungan disosiatif :


1. Persaingan atau kompetisi yaitu hubungan sosial satu sama lain yang mencari keuntungan tanpa menimbulkan kekerasan atau paksaan.


2. Kontravensi yaitu suatu perasaan tidak suka kepada individu maupun kelompok lain yang disembunyikan.


3. Pertentangan atau konflik yaitu hubungan sosial satu sama lain untuk mencapai tujuan dengan cara kekerasan atau ancaman.

Penjelasan:

interaksi sosial yang mengarah kepada persatuan.

interaksi sosial yang mengarah kepada perpecahan.​

interaksi sosial yang mengarah kepada persatuan.<br /><br />interaksi sosial yang mengarah kepada perpecahan.​

Jawaban:

Interaksi sosial yang mengarah kepada persatuan adalah : Mengikuti pelaksanaan Pemilihan Umum untuk menghindari golput. Mengikuti pembelajaran di sekolah dengan baik dan aktif. Saling menghormati dan menghargai antar umat beragama.

interaksi sosial yang mengarah ke perpecahan berdasarkan jenisnya adalah : Kompetisi, contohnya persaingan dalam pemilihan Presiden RI. Kontravensi, contohnya membenci, memaki, bahkan memfitnah orang/kelompok lain. Pertentangan/Konflik, contohnya tawuran dan perkelahian.

Penjelasan:

Semoga membantu

Interaksi sosial yang mengarah kepada persatuan
Interaksi sosial yang mengarah kepada perpecahan​

Jawaban:

A. yg mengarah kepada persatuan:

1. Kerjasama

2. Akomodasi

B. yg mengarah kepada perpecahan:

1. Persaingan

2. Kontravensi

&lt;script async src=&quot;//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js&quot;&gt;&lt;/script&gt; &lt;!-- iklan masyarakat --&gt; &lt;ins class=&quot;adsbygoogle&quot; style=&quot;display:block&quot; data-ad-client=&quot;ca-pub-2727510542319988&quot; data-ad-slot=&quot;5369144759&quot; data-ad-format=&quot;auto&quot;&gt;&lt;/ins&gt; &lt;script&gt; (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); &lt;/script&gt;
Facebook Twitter Google+

Back To Top